Strategi Bisnis Online

Strategi Bisnis Online di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UNISNU Jepara

strategi bisnis online

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) merupakan kampus swasta yang terletak di kota Jepara provinsi Jawa Tengah. Semakin berkembangnya teknologi, tidak hanya kampus-kampus diluar yang memiliki kemajuan tekonogi, namun UNISNU juga memiliki kemajuan teknologi. Di era digital sekarang ini, kegiatan bisnis secara online sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan. Kampus UNISNU semakin menyadari akan pentingnya mempersiapkan para mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademis, tetapi juga untuk memahami dan mengembangkan keterampilan bisnis online. Untuk itu, UNISNU menyediakan fasilitas untuk mahasiswanya dalam belajar bisnis online, salah satunya di fakultas ekonomi dan bisnis. Untuk mengembangkan bisnis online, maka harus memperhatikan strategi-strategi bisnis online.

Strategi bisnis online adalah serangkaian langkah dan rencana yang bertujuan memanfaatkan potensi internet untuk mencapai tujuan bisnis. Ini mencakup segala hal mulai dari pemasaran digital, penjualan online, hingga branding di dunia maya. Manfaat strategi bisnis online sangat luas dan mencakup banyak aspek berbeda.

Manfaat Strategi Bisnis Online

Pertama, salah satu keunggulan utamanya adalah memungkinkan akses ke pengguna di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Hal ini memberi kita peluang untuk menjangkau lebih banyak konsumen dibandingkan strategi tradisional.

Selain itu, Internet memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami perilaku pelanggan dan menyesuaikan produk dan layanan mereka dengan kebutuhan pasar.
Efisiensi biaya operasional juga menjadi faktor penting karena dapat mengurangi biaya infrastruktur fisik seperti toko fisik dan kantor serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya melalui model bisnis yang lebih fleksibel. Penjualan dan transaksi online juga mengurangi biaya pemasaran dan distribusi.

Strategi bisnis online dapat membantu kita berkembang lebih cepat. Dengan menerapkan model bisnis digital, perusahaan dapat beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan pasar, bereaksi terhadap tren, dan memanfaatkan peluang baru dengan lebih efektif

Strategi Bisnis Online

strategi bisnis online

  1. Riset : Supaya strategi yang diterapkan ketika berjualan online tepat dan efektif, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dimaksud disini mencakup banyak hal, seperti pasar utama, target market, kompetitor, dan lain sebagainya.
  2. Kembangkan situs web atau platform digital yang mana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis memberikan pengetahuan tersebut melalui mata kuliah e-commerce.
  3. Manfaatkan media sosial untuk membantu meningkatkan insight. Seperti posting ke facebook, pinterest, dan media sosial lainnya.
  4. Lakukan pemasaran melalui iklan gratis seperti di https://iklanmania.com dan https://www.free-socialbookmarking.com/ secara rutin agar penjualan kita meningkat.
  5. Sajikan testimoni pelanggan. Hal ini menjadi bukti bahwa produknya berkualitas dan memberikan pelayanan yang bagus. Ketika calon pelanggan lain mengetahui dan membaca hal ini, mereka akan merasakan keinginan untuk ikut bertransaksi. Strategi penjualan semacam ini sangat efektif dalam memperoleh pelanggan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *