Mie goreng nyemek nyemek huu

konsep mie goreng nyemek

Mie goreng nyemek merupakan hidangan mie yang berasal dari Yogyakarta. Mie goreng nyemek tersebut disajikan dengan sedikit kuah yang kental.

Kata nyemek memiliki arti yaitu hidangan yang tidak basah tetapi tidak kering juga jadi hidangan nyemek yaitu hidangan yang dikasih sedikit kuah sehingga hidangan tersebut masih ada kelembabannya.

Hidangan yang mungkin antara mie kuah dengan mie goreng atau mie goreng yang diberi kuah sedikit. Oleh karena itu, mie goreng nyemek mengandung sedikit kuah didalam mienya.

Seperti mie goreng pada umumnya, mie goreng nyemek menggunakan mie kuning dengan berbagai macam topping seperti telur orak arik, telur goreng atau dadar yang diiris tipis, ayam, sosis, sayur mayur dan masih banyak lagi lauk atau toping lainnya.

Mie goreng nyemek banyak dijual atau mudah dijumpai seperti pedagang kaki lima atau pedagang keliling. Saat ini variasi atau jenis mie goreng nyemek sudah banyak sekali. Seperti mie goreng nyemek original, mie goreng nyemek jamur, mie goreng nyemek ayam, mie goreng nyemek seblak dan masih banyak lagi masakan lainnya.

resep mie goreng nyemek

bahan :

  1. mie kuning
  2. bawang merah
  3. bawang putih
  4. cabai
  5. telur
  6. sawi
  7. tomat
  8. sosis

cara membuat :

  1. rebus mie kuning sampai matang atau setengah matang, kemudian tiriskan dan dinginkan.
  2. siapkan wajan kemudian masukkan sedikit minyak goreng.
  3. tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum.
  4. kemudian masukkan telur kemudian diorak arik.
  5. kemudian masukkan mie kedalam wajan kemudian masukkan bumbu – bumbu kemudian aduk hingga rata
  6. kemudian taruh mie ke dalam piring, kemudian hias dengan berbagai toping seperti tomat, sawi, sosis yang siap makan atau sosis yang sudah digoreng terlebih dahulu. dan masih banyak lagi
  7. mie goreng nyemek siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *