Kalori keripik Singkong

Dalam memakan makanan sehari-hari perlu diperhatikan kandungan-kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Baik dari makanan pokok maupun camilan yang dikonsumsi setiap hari. Namun dari makanan camilan sering terdapat kalori yang tinggi. Segala macam keripik apapun itu, entah keripik kentang, keripik singkong, keripik ketela, apalagi aneka keripik dengan bertabur bumbu, dapat membuatmu jadi gemuk.

Hal ini disebabkan kandungan kalori di dalamnya tinggi, demikian juga dengan karbohidrat. Sekalipun kamu hanya mengonsumsi dalam jumlah yang sedikit, berat badan tetap bisa naik jumlahnya. kandungan energi 100 gram keripik adalah sekitar 400-500 Kkal. Jumlah ini bukan hanya dipengaruhi oleh bahannya, tapi juga dipengaruhi oleh cara pengolahan keripik tersebut.

Satu bungkus keripik yang dijual di pasaran dengan berbagai tawarn berat bersih. Ada yang 20 gram, 100 gram, dan lainnya. Bagaimana jika menghabiskan 1 bungkus keripik sekaligus? Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa sama atau bahkan melebihi sekali makan utama atau makanan pokok.

Kebutuhan energi tubuh setiap orang berbeda, tergantung pada jenis, kelamin, umur, aktivitas fisik, dan faktor stress. Menurut Permenkes RI No 28 tahun 2019 tentang Angka Kebutuhan Gizi, Kebutuhan kalori usia 19-20 tahun perempuan 2250 Kkal dan laki-laki 2650 Kkal. Untuk mengontrol konsumsi terhadap keripik, cek nutrition facts yang ada pad Keripik Singkong pada tiap kemasan. Bukan hanya jumlah kalori, kandungan natrium pada keripik juga perlu diperhatikan.

Jadi jangan mudah terlena dengan rasa keripik yang enak. Apapun yang berlebihan akan menjadi ngga baik untuk kita, termasuk kalori berlebih yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita selanjutnya. maka kesimpulan akhirnya adalah cermatlah dalam memilih cemilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *