Keripik Singkong

Tentang Keripik Singkong

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya keripik singkong ini diberi rasa asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan keripik singkong semakin bagus, keripik singkong di indonesia ini berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Seperti sekarang banyak variasi rasa dari keripik singkong, tidak hanya asin gurih tetapi juga asin pedas dan manis pedas atau dikenal sebagai bumbu balado. Makanan keripik singkong ini tersebar hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

Sejarah Keripik Singkong

Dikutip dari Kompas.com 2023 dijabarkan mengenai sejarah keripik singkong. Keripik singkong adalah salah satu kudapan favorit di Indonesia. bukan hanya di Jawa, keripik singkong sebagaimana menjadi salah satu produk unggulan di Bukittinggi, Sumatra Barat, merupakan variasi makanan olahan berbasis singkong. Sejatinya, tanaman singkong bukan tanaman asli Indonesia. Umbi singkong juga tidak menjadi makanan pokok kebanyakan rakyat Indonesia. Singkong di Indonesia berasal dari varietas di Brasil. Pada abad ke-16, penjelajah Portugis membawa singkong ke Nusantara. Lama menanti singkong sebagai komoditas andalan, budidaya singkong secara komersial baru terjadi pada abad ke-18. Penanaman singkong meluas dan komersial terlaksana di Indonesia mulai 1810. Keripik singkong yang berwujud irisan singkong tipis-tipis menjadi alternatif penganan berbasis singkong yang sebelumnya lazim berpenampakan potongan besar. Hidangan singkong meliputi dua wujud yakni kukus dan goreng. Keripik singkong masuk dalam kuliner goreng. Pada tahun 1920-an, alat pengupas kentang memang menggampangkan pengolahan keripik kentang dalam skala industri baik kecil hingga besar. Penemuan alat pengupas kentang kembali menggairahkan industri keripik kentang. Uniknya, alat pengupas kentang juga berguna untuk mengupas umbi-umbian lainnya semisal singkong, bahkan pisang. Meluasnya penggunaan pengupas ini, meringankan pekerjaan produsen keripik singkong. Lama kelamaan hal itu membuat keripik singkong pun iktu laris di pasaran karena bantuan kemudahan pengelolaan produksi keripik singkong.

Macam-Macam Rasa Keripuik Singkong

  1. Keripik singkong rasa bumbu rujak.
  2. Legendary Keripik Singkong Balado.
  3. Keripik Singkong Rasa Manis.
  4. Keripik Singkong Sambal Matah.
  5. Keripik Singkong Udang Manis.

Pada dasarnya, keripik singkong bisa ditemukan di berbagai tempat. Hampir di setiap pusat perbelanjaan warung pinggir jalan bahkan warung makan banyak yang menjual keripik singkong. Baik yang diproduksi dari pabrik besar maupun produksi rumahan. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang penasaran bagaimana cara pembuatan keripik singkong sendiri di rumah. Selain bisa lebih hemat budget, keripik singkong buatan sendiri juga bisa dikreasikan sesuai selera. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan tambahan untuk menambah cita rasa pada keripik singkong tersebut. Tidak hanya menambah rasa, kamu juga bisa membuat keripik singkong yang renyah tahan lama, sehingga cocok dijadikan sebagai stok camilan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *