Ikan Asin Peda

Ikan Asin Peda

Ikan asin peda merupakan ikan yang dapat diolah menjadi ikan asin. ikan asin peda tergolong komoditas terbesar kedua yang ada di indonesia sehingga banyak masyarakat indonesia yang mengolah ikan ini sebagai ikan asin yang dilakukan dengan cara fermentasi dengan memberikan kadar garam tertentu. awal mula terbentuknya ikan asin ini karena tidak sengaja terjadi kesalahan saat pengiriman ikan dari thailand ke indonesia sehingga terjadi fermentasi spontan saat perjalanan dan ketika sampai di indonesia ketika di buka mengeluarkan aroma tajam maka munculah ikan asin peda ini.

Proses Pembuatan Ikan Asin Peda

proses pembuatan ikan asin peda ini dapat dilakukan secara tradisional. bahan dari pembuatan ikan asin peda ini yaitu siapkan ikan peda yang sudah bersih kemudian diberi diberi garam dan masuk dalam proses pengeringan yang memerlukan waktu dua sampai tiga hari tergantung cuaca dan iklim tertentu.ikan asin peda ini harus disimpan dalam keadaan yang baik dan kedap udara dan kering agar bisa bertahan lama.

Resep Olahan Ikan Asin Peda

Ikan asin peda sangat banyak di gemari oleh masyarakat pada umumnya karena mempunyai cita rasa yang gurih juga dapat dikonsumsi dengan berbagai kalangan.salah satu resep makanan untuk membuat ikan asin peda ini adalah tumis ikan asin peda dengan bahan yang mudah di dapatkan yaitu cabai merah,bawang putih,bawang merah, tomat serta bumbu masak lainnya yang ditumis menjadi satu yang akan memberikan rasa dan sensasi berbeda di lidah penikmatnya.

Sekian tentang ikan asin peda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *