Cara Pembuatan Ikan Asin

Ikan Asin

Ikan asin adalah salah satu jenis makanan yang sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Ikan yang diasinkan akan bertahan lebih lama dan selain itu, rasanya yang gurih dan asin menjadikannya cocok untuk dijadikan lauk. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat ikan asin dengan benar. Berikut adalah alat dan bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat ikan asin yang enak.

Bahan yang Dibutuhkan

Tak kalah penting dari alat adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat ikan asin.Pertama, tentu saja ikan segar yang akan diolah. Pilih ikan dengan ukuran sedang hingga besar agar mudah diproses. Kedua, garam dapur yang cukup banyak untuk menutupi seluruh permukaan ikan. Terakhir, bahan-bahan pelengkap seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit atau daun jeruk purut jika diinginkan.Sebelum memulai membuat ikan asin, ada beberapa alat yang harus disiapkan terlebih dahulu. Pertama, siapkan wadah yang cukup besar untuk merendam ikan dalam larutan garam. Kedua, pisau tajam untuk membersihkan ikan dari bagian-bagian tidak diinginkan seperti insang dan usus. Ketiga, sendok atau alat lain untuk mengambil garam dari kemasan. Terakhir, jemuran atau alat pengering lainnya untuk menjemur ikan setelah direndam dalam larutan garam hingga menjadi ikan asin.

Teknik membuat Ikan Asin

Tahapan pembuatan ikan asin yaitu Pertama-tama, bersihkan ikan dengan air mengalir dan peras hingga kering. Kemudian, iris bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit tipis-tipis. Setelah itu, diamkan ikan dalam larutan garam selama kurang lebih 3-5 jam atau hingga garam meresap sempurna kedalam ikan asin. Setelah ikan diangkat dari larutan garam, bilas dengan air mengalir untuk menghilangkan garam yang berlebih. Terakhir, jemur ikan di bawah sinar matahari langsung hingga kering dan siap disimpan sampai menjadi ikan asin.

Sekian tentang cara pembuatan ikan asin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *