Macam-macam Ikan Asin

Macam-macam Ikan Asin

Di Indonesia banyak terdapat jenis ikan asin karena Indonesia sebagai negara maritim maka Indonesia mempunya macam ikan asin di berbagai daerah, diantaranya macam ikan asin sebagai berikut :

Ikan Asin Jambrong

Ikan asin jambrong memang biasanya tidak sepopuler ikan asin lainnya, ikan asin ini lebih pipih atau tipis sehingga dapat diolah langsung dan tidak perlu membuang durinya. Tidak hanya sebagai masakan rumahan, saat ini sudah banyak olahan jenis ikan ini selain ikan asin yang bisa ditemui di banyak tempat seperti restaurant.

Ikan Asin Tenggiri

Jenis ikan asin ini sendiri sudah sangat terkenal bagi pecinta olahan ikan asin, Ikan Tenggiri yang diasinkan ini juga memiliki kelebihan soal rasanya yang sangat khas. Ikan asin tenggiri mengandung gizi yang tinggi sehingga terkadang diperlukan proses pengawetan untuk menjaga protein ikan ini agar tidak rusak, salah satunya adalah metode penggaraman.

Ikan Asin Cucut

Ikan Asin Cucut merupakan ikan laut yang memiliki tulang rawan dan tubuhnya berbentuk pipih juga ramping. Ikan Cucut sendiri banyak dikonsumsi dalam keadaan segar, sama seperti ikan asin pada umumnya Ikan Asin Cucut juga memiliki kandungan kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang.

Ikan Asin Teri Medan

Walaupun namanya ikan asin Teri Medan namun sebenarnya jenis teri ini tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia sehingga jenis ikan asin ini sangat terkenal bahkan bukan hanya di Medan. Ukuran yang kecil sangat nikmat untuk campuran olahan masakan dan juga memberikan cita rasa yang sangat khas pada ikan asin ini.

Ikan Asin Gabus

Salah satu jenis ikan asin yang menjadi primadona untuk melengkapi makan. Ikan Asin Gabus saat ini bisa ditemui dengan mudah baik di pasar tradisional maupun modern. Selain protein yang tinggi, ikan asin gabus yang segar juga dapat di konsumsi karena banyaknya manfaat yang dimiliki.

Ikan Asin Katamba

Jenis ikan asin ini sangat disukai banyak orang selain karena rasanya yang memang memiliki ciri khas, dagingnya pun tebal seperti Ikan Asin Gabus. Ikan Asin Katamba ini juga dihargai cukup mahal dipasaran, banyak resep yang bisa di coba untuk mengolah ikan asin jenis ini dari yang memiliki bumbu yang simple sampai bumbu khas akan terasa sangat nikmat.

Ikan Asin Bilih

Ikan Asin Bilih sendiri merupakan ikan khas dari Sumatera Barat, olahan bumbu khas Minang sangat cocok dengan ikan ini. Ikan Asin Bilih juga salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Barat, biasanya sudah dikeringkan. Begitu pula dengan olahan Ikan Asin Bilih, ukuran yang kecil membuat ikan asin ini sangat cocok untuk segala resep masakan untuk menambah variasi hidangan.

Sekian dari macam-macam ikan asin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *