Ikan Asin Sepat

Ikan asin sepat

Ikan asin sepat adalah sejenis ikan anggota suku gurami,seperti kerabatnya yang memiliki tubuh lebih besar. Ikan asin sepat ini sering dikonsumsi oleh banyak orang karena daging dan teksturnya yang enak meski umumnya hanya bernilai lokal. Namun di samping itu terdapat pula varian-varian hiasnya yang berwarna menarik, yang populer sebagai ikan akuarium tetapi bisa dikonsumsi menjadi ikan asin yang mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh.

Habitat ikan asin sepat

ikan asin sepat ini hidup di rawa rawa, danau, aliran-aliran air yang tenang, dan umumnya lahan basah di dataran rendah termasuk sawah serta saluran irigasi. Di saat musim banjir, penyebarannya meluas mengikuti aliran banjir ini. ikan asin sepat rawa memangsa zooplankton krustea kecil, dan aneka larva serangga. Pada musim berbiak, ikan jantan membangun sebuah sarang busa untuk menampung dan memelihara telur-telur sepat betina, yang dijaga dengan agresif.ikan asin sepat dapat diolah ketika ukuran 5 sampai 7,5 cm.

Manfaat ikan asin sepat

manfaat ikan asin ini merupakan ikan konsumsi yang digemari dan cukup penting meskipun ikan segarnya umumnya hanya bernilai lokal. Pada musim-musim banjir, ikan sepat sering didapat dalam jumlah besar dan diasinkan untuk mengawetkannya menjadi ikan asin. Ikan asin sepat merupakan komoditas penting bagi wilayah-wilayah bersungai besar seperti jambi. Ikan sepat juga dapat difermentasi menjadi bekasam.

Sekian tentang ikan asin sepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *