Ikan Asin Gabus

Ikan asin gabus

ikan asin gabus adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari ikan gabus yang diolah dengan cara diasinkan. Ikan asin gabus memiliki rasa yang gurih dan asin yang khas, sehingga menjadi favorit banyak orang.berikut ini adalah Ikan asin gabus memiliki ciri-ciri warna kulit ikan yang cokelat kehitaman,tekstur daging yang kenyal dan lezat dan rasa asin yang kaya dan gurih.

Habitat ikan asin gabus

Ikan asin salah satunya adalah ikan gabus biasa didapati di sunga,rawa,danau dan saluran-saluran air hingga ke sawah. Ikan asin ini memangsa aneka ikan kecil-kecil dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok.Sering kali ikan gabus terbawa banjir ke parit-parit di sekitar rumah, atau memasuki kolam-kolam pemeliharaan ikan dan menjadi hama yang memangsa ikan-ikan peliharaan di sana. Jika sawah, kolam atau parit mengering, ikan ini akan berupaya pindah ke tempat lain, atau bila terpaksa, akan mengubur diri di dalam lumpur hingga tempat itu kembali berair. Oleh sebab itu ikan ini sering kali ditemui berjalan di daratan, khususnya di malam hari di musim kemarau, mencari tempat lain yang masih berair. Fenomena ini adalah karena ikan gabus memiliki kemampuan bernapas langsung dari udara, dengan menggunakan semacam organ labirin namun lebih primitif.

Manfaat ikan asin gabus

Dapat diketahui bahwa ikan asin gabus ini sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicobakan untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Sekian tentang ikan asin gabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *