Ikan Asin Jambal Roti

Ikan asin jambal roti

Ikan asin jambal roti dibuat dengan bahan dasar ikan mayung disebut jambal roti karena daging ikan ini rapuh setelah digoreng dan mudah hancur layaknya roti. ikan asin ini mempunyai aroma, tekstur empuk dan cita rasa sedap yang khas jadi alasan jambal roti disebut sebagai primadona olahan ikan asin. supaya teksturnya empuk ikan ini perlu difermentasi secara  sempurna. Jambal roti bisa berbentuk kering hingga semi basah dan dibagi menjadi 2 jenis, yakni ikan asin jambal roti asin dan ikan asin jambal roti tawar. Sesuai namanya, jambal roti asin punya rasa yang lebih asin dari jambal roti tawar, teksturnya juga lebih keras, dan biasanya dibuat dari ikan yang telah dibekukan. Sedangkan jambal roti tawar memiliki tekstur empuk atau masir dan dibuat menggunakan ikan manyung segar.

Pengolahan ikan asin jambal roti

Setiap daerah memiliki cara dan formula tersendiri untuk mengolah ikan asin jambal roti. Namun, pada prinsipnya tetap melibatkan kombinasi penggaraman, fermentasi, dan pengeringan. Perbedaannya adalah rasio ikan dan garam, serta lamanya penggaraman. Penggaraman jambal roti bisa berupa penggaraman basah, penggaraman kering, atau kombinasi keduanya. Proses produksi ikan asin jambal roti dimulai dari menyiangi ikan manyung beku, potong kepala dan pengeluaran isi perut. Ikan dibelah dari punggung ke arah perut dan sebaliknya, dilanjutkan memotong tulang dekat sirip. Ikan langsung digarami dengan konsentrasi 30-35%. Setelah proses fermentasi 1 malam, ikan dicuci dan disikat bersih untuk menghilangkan sisa garam dan kotoran. Ikan kemudian dibumbui dengan larutan bawang putih dan gula kemudian dijemur selama 2-3 hari hingga kering sampai menjadi ikan asin jambal roti.

Kualitas ikan asin

Ikan asin jambal roti dengan kualitas baik punya rasa yang asin dan gurih, aroma khas ikan segar, dan berbau segar serta memiliki tekstur empuk. ikan asin jambal roti juga memiliki penampakan daging jernih, kulit ikan tidak robek, bagian perut bersih, dan daging ngga terlalu kering. Warna daging khas warna daging ikan dengan warna kulit agak mengkilap keperakan adalah ciri ikan asin jambal roti.

Sekin tentang ikan asin jambal roti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *