cara membuat catatan tabungan di buku tulis

Buku Tulis

Untuk mengatur perencanaan keuangan, kita harus mengenal cara membuat catatan tabungan di buku tulis. Selain itu hal ini cukup bermanfaat untukmu agar bisa mencapai tujuan finansial yang kamu inginkan. Di buku tulis ini sangat berguna untuk merekam jejak pemasukan sampai dengan pengeluaranmu. Kita bisa membuat catatan secara sederhana di buku tulis. Buku tulis tidak perlu dalam bentuk khusus, buku bekas pun bisa kamu gunakan. Tujuan dari pencatatan keuangan adalah untuk menyediakan sejumlah informasi menyangkut posisi keuangan.adapaun cara membuat catatan tabungan di buku tulis sebagai berikut:

  1. Membuat Tujuan Menabung. Tentunya sebelum membuat catatan tabungan kamu harus menentukan tujuannya terlebih dahulu. Dengan membuat tujuan tersebut, selain membuat semangat nabung, juga bisa mengatur tiap alokasi tabungan untuk tiap keperluan yang dibutuhkan
  2. Membuat Catatan Alokasi Keuangan. Alokasi keuangan merupakan hal krusial untuk kita lakukan.
  3. Mencatat Cashflow. Pencatatan cashflow ini sedikit lebih rumit daripada alokasi keuangan biasa. Dalam pencatatan ini ada berbagai macam hal yang patut kita perhatikan. Seperti, pemasukan dan pengeluaran.
  4. Rekapitulasi Catatan Per Hari. Catatan per hari ini merupakan bentuk lebih detail dari hanya sekadar membuat cashflow sederhana. Adapun tujuan dari catatan ini adalah untuk mengetahui berapa dana yang kita butuhkan setiap harinya.
  5. Rekapitulasi Catatan Per Minggu
  6. Rekapitulasi Per Bulan. rekapitulasi per bulan harus kamu lakukan di awal bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *